Sirkuit Balap Jalanan Pertama di Idonesia

JAKARTA– Penggemar olahraga balap mobil di Indonesia akan kembali bersatu untuk menyambut ajang balap A1GP World Cup of Motorsport, yang akan diadakan di Indonesia awal tahun depan. Ajang balap mobil A1GP Indonesia akan diselenggarakan di Lippo Village (sebelumnya bernama Lippo Karawaci) dalam format sirkuit jalanan (street circuit). Acara ini akan berlangsung pada tanggal 6-8 Februari 2009 di mana jalanan di tengah kota Lippo Village akan didesain menjadi arena olahraga balap mobil. Pada hari bersejarah tersebut, para pembalap dunia akan berkumpul dan bertanding untuk membela kebanggaan negara masing-masing di ajang A1GP World Cup of Motorsport.

Indonesia juga mencetak sejarah karena ini merupakan kali pertama diadakannya balap jalanan dalam skala internasional. Dan tentunya ini menjadikan Lippo Village masuk ke dalam jajaran daftar eksklusif pemilik sirkuit jalanan di dunia, seperti Surfers Paradise, Durban, Valencia, Monako, Melbourne, dan Singapura. “Ajang ini merupakan momen yang sangat bergengsi, tidak hanya bagi Lippo Village, tetapi bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan,” ungkap Gordon Benton, Senior Executive PT. Lippo Karawaci Tbk. “Lippo ingin membawa ajang internasional ke Indonesia, seperti halnya A1GP World Cup of Motorsport, dan dalam hal ini, kami bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Carbon Worldwide sebagai pemegang lisensi dan promoter, untuk mempersembahkan ajang terhebat dalam kalendar A1GP.”

Sebagai tuan rumah penyelenggara, Lippo Village akan memodifikasi sebagian dari area kota dekat Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk memudahkan proses transformasi sirkuit jalan sesuai dengan standar sertifikasi FIA. Penyelenggara bekerjasama dengan desainer trek internasional Tilke Gmbh untuk mendesain sirkuit jalanan yang mencakup public grandstands, sarana ekshibisi, area peristirahatan, komplek pit, serta area mall yang akan dibangun pada saat balapan berlangsung. “Para arsitek trek telah melakukan kunjungan ke lokasi dan saat ini tengah merampungkan desain akhirnya. Kami menginginkan sirkuit trek ini menjadi yang terbaik, dan melalui perencanaan yang matang, kami berupaya meminimalisir gangguan yang dapat mengusik ketenangan penghuni serta bisnis komersial di wilayah sekitar Lippo Village,” ungkap Gordon Benton.

Acara ini akan disiarkan ke lebih dari 700 juta rumah tangga secara nasional dan internasional dengan berbagai aktifitas guna menarik pengunjung. Aktifitas yang akan diadakan seputar arena balap juga termasuk acara amal yang akan melibatkan A1GP serta tokoh-tokoh Indonesia. “Kami akan membawa ajang balap mobil ini lebih dekat kepada rakyat. Lippo Village sudah memiliki berbagai fasilitas yang berkualitas dan desain ajang ini akan membantu Lippo Village memberikan sebuah pengalaman yang unik bagi para pengunjung. Ini bukan hanya ajang balapan mobil tapi sebuah hari yang hebat untuk pergi bersama-sama,” kata Keld Kristiansen, Executive Chairman Carbon Worldwide.

Bapak Agum Gumelar selaku Commissioner PT Lippo Karawaci Tbk mengatakan, “Kami di Lippo percaya bahwa investasi signifikan yang dikeluarkan untuk balapan dan pembangunan sirkuit ini akan memberi manfaat tersendiri bagi bangsa Indonesia di kemudian hari. Terlepas dari publisitas yang baik mengenai Indonesia, seperti yang telah kita lihat di kota-kota lain dengan sirkuit jalanan mereka, balapan semacam ini akan membawa dampak positif bagi bisnis dilihat dari kedatangan pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.”

Balap jalanan merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan olahraga balap ke masyarakat umum yang bukan berasal dari kalangan penggemar olahraga balap mobil.Ajang A1GP Indonesia yang akan berlangsung di Lippo Village akan memberi dimensi yang berbeda pada lokasi sirkuit balap dan menjadi agenda tambahan pada calendar aktivitas IMI.

Dengan bergabungnya Indonesia pada ajang World Cup of Motorsport, A1GP Indonesia memberi kesempatan bagi A1 Team Indonesia untuk dapat bertarung di arena balap di negeri sendiri.

Lippo Village merupakan kota pertama untuk komunitas terencana yang dibangun oleh pengembang properti Lippo Group. Didirikan pada tahun 1993 dan terletak 30 km dari arah barat kota Jakarta, Lippo Village kini berkembang menjadi perkotaan modern dengan populasi 50.000 orang. Sebagai salah satu komunitas terencana dengan layanan kelas dunia, Lippo Village dilengkapi dengan fasilitas potable water, sistem kabel bawah tanah, transportasi umum ke Jakarta dan fasilitas penanganan limbah, menjadikan kota ini sebagai sebuah standar bagi komunitas lainnya di Indonesia. Didukung dengan fasilitas pendidikan, kesehatan dan bisnis yang terintegrasi, mengukuhkan posisi Lippo Village sebagai kota mandiri yang ramah lingkungan.

Carbon Worldwide merupakan perusahaan yang bergerak di bidang olahraga, pemasaran, media serta hiburan, yang mengkhususkan diri pada pengembangan olahraga dan hiburan di wilayah Asia – mulai dari akuisisi hak kepemilikan hingga penyelenggaraan kegiatan program. Carbon Worldwide menawarkan layanan professional premium serta keahlian bisnis bertaraf internasional dengan pengetahuan detil berskala lokal bagi para klien. Carbon Worldwide saat ini menjadi pemegang hak (rights holder) atas ajang balapan A1GP Indonesia.

A1GP World Cup of Motorsport menempatkan para pembalap dari 23 negara yang mewakili 80% dari populasi seluruh dunia. A1GP adalah seri balapan yang didukung oleh faktor teknologi dan inovasi yang sengaja disamakan, sehingga kesuksesan sebuah balapan tergantung sepenuhnya pada keberanian serta ketrampilan menyetir dari sang pembalap. Dengan menggunakan mobil single-seater yang serupa, teknologi yang sengaja diratakan memberikan semua negara untuk berkompetisi di area persaingan yang sama.

Kini, memasuki persiapan musim keempat, A1GP kali ini mengkombinasikan lokasi bergengsi, fasilitas canggih serta sirkuit balapan yang berliku-liku, memberikan aksi penuh di setiap tikungan. Musim ini juga merupakan tahun pertama untuk mobil A1GP yang ‘Powered by Ferrari’.

Source :http://www.a1gp-indonesia.com

Ticketing Information:
spectator zone

Ticket Pricing
Adult
*Child
**Student
Zone A grandstand
Rp1,000,000
Rp700,000
Rp850,000
Zone B grandstand
Rp800,000
Rp575,000
Rp675,000
Zone C grandstand
Rp1,200,000
Rp850,000
Rp1,050,000
General admission
Rp250,000
Rp175,000
Rp225,000
Terms & Conditions

* Child – aged 5-12 and must be accompanied by an adult

** Student – aged above 12. Students are required to show valid student ID at purchasing counters and at entry gate

Desain Sirkuitnya:

Sirkuit Lippo Village 1

Sirkuit Lippo Village 2

Sirkuit Lippo Village 3

Sirkuit Lippo Village 4

Sirkuit Lippo Village 5

Sirkuit Lippo Village 6

Kapan yang F 1 bisa kayak gini juga di Indonesia??

2 Komentar (+add yours?)

  1. penjahat cupu™
    Jan 08, 2009 @ 12:58:23

    tiketnya mahal bener..
    liat disamping jalan aja bisa g y??
    kan jalan raya tuhh
    ^^

    Haris Fadillah Reply:

    Coba aj Om di pinggir jalan tapi ati2 ketabrak:mrgreen:

    Balas

  2. LIPPO EMPLOYEES
    Sep 28, 2009 @ 13:53:59

    Denngan Hormat,
    Mohon maaf atas tulisan ini.
    Kami bangga dengan di bangunnya Sirkut jalan raya oleh LIPPO

    Akan tetapi di sisi lain sekarang dia lagi membunuh kami dan anak istri.
    Kami adalah karyawan Lippo yang berada di daerah cikarang bekasi.
    Sudah selama bulan Juni 2009, pihak Lippo tidak membayarkan gaji kami, hingga kami tidak bisa memenuhi kebutuhan harian kami.
    Banyak anak2 kami yang di bawah lima tahun tidak bisa kami cukupi gizinya karena kami tidak mempunyai penghasilan karena lippo tidak membayarkan kami.
    Apakah Bapak mochtar Riady ingin membunuh kami secara perlahan2 , kami sendiri tidak tahu.
    Tolong sampaikan kepada beliau untuk membayarkan gaji kami.
    Kami tahu Bapak Mochtar riyadi adalah seorang pendita yang arif dan bijaksana.
    Tolong bukalah pintu hati buat kami.
    Dari kami,
    Karyawan Lippo

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: