[Ask Me] Mutasi SIM

Mengingat banyak rajia motor di jogja dulu waktu jaman2 kuliah..akhirnya memutuskan untuk bikin SIM (tiada kata terlambat…*daripada kena 20rb klo kena rajia😀 )
Dulu….jujur (jujur kacang ijo :p )…pas bikin SIM di jogja tu lewat biro jasa karena tidak punya KTP jogja tapi entah bagaimana dengan biro jasa super itu saya di kasi surat sakti untuk membuat SIM di Polda Sleman klo tidak salah (pokoe jalan magelang ke utara trus..) tanpa babibu langsung saya sodorkan saja surat itu…tunggu bentar, sidik jari langsung poto dan setelah di cek SIMnya alamatku entah alamat dimana…:mrgreen:

* 5 tahun kemudian

Nah pas mau perpanjang bingung….😯 KTP Jogja tidak ada…😡
Hmm…alamat kayaknya harus bikin baru ni pikirku…
Tapi berkat mbah google yang sakti itu saya akhirnya mendapatkan pencerahan, kalo SIM bisa di mutasi…Alhamdulillah…😆

Infonya yaitu:
Tata cara dan Persyaratan perpanjangan Pindah masuk (dari daerah) (PSL.224 PP 44/93)
a. Sehat Jasmani dan rohani dinyatakan dengan surat keterangan Dokter.
b. Membawa kartu Induk/pengantar dari Satuan Lalu-lintas yang mengeluarkan SIM.
c. Membayar formulir di BII/BRI.
d. Mengisi formulir permohonan.
e. Melampirkan KTP.

Tata cara dan Persyaratan SIM mutasi (keluar daerah) (PS. 224 PP.44/93)
a. Mencabut berkas/kartu Induk dari Satuan Lalu-Lintas asal dan pengantar dari Kasubbag SIM.
b. Melampirkan KTP wilayah yang dituju.
c. Melaporkan kepada Kepala Satuan Lantas yang dituju.

*Nyabut Berkas

Wew…ini yang agaknya bikin repot…harus ngurus ke jogja!!!
Hmm…tapi kan ga ada syarat kalo harus gw sendiri yang datang💡
Eh kebetulan si “ade” mo mudik ke jogja jadi bisa titip…:mrgreen:
Jadi SIM Asli, KTP Jakarta Asli di titipkan seklian ma potokopian (lumayan ga bisa kemana2 takut kena rajia orang ganteng😀 )
Untuk nyabut berkas ini harus ke SAMSAT POLDA JOGJA yang ada di Jalan Tentara Pelajar Polres Sleman di Jl. Magelang *revisi dari si “ade”😀 …(kena 20rb kata si ade…katanya buat “administrasi”)

*Ngurus di Jakarta

Hari Sabtu meluncurlah gw ke SAMSAT Daan Mogot (harus ke Daan Mogot ga bisa di SIM keliling ato Polres).Letaknya pokonya klo Gatot Subroto lurus terus ke arah Grogol, nanti klo ada perempatan Mal Citraland belok kiri selanjutnya pokonya lurus terus, klo uda ga ada jalan layang liat di sebelah kanan ada tulisan SAMSAT letaknya ada di kanan jalan.

Belum mandi dan sedikit masi belekan…..lah abis nyampe sana maksudnya pagi biar ga ngantri banyak…wekekeke..Jam setengah 8 da nyampe di SAMSAT!!!
Parkir motor trus tanya ke bapak polisi….katanya harus cek kesehatan dulu…letaknya deket parkiran motor sebelum masuk sebelah kiri ada loket buat cek kesehatan…bayar 20rb trus di cek…ternyata cuma suruh tes mata aja….ga ada 1 menit selesai😎
Abis itu masuk ke gedungnya SAMSAT, buat ngurus selanjutnya…

Pertama ke loket BRI buat ambil nomor antrian buat beli formulir, nanti biasanya ada mas2 yang jagain, bilang aja mo perpanjangan. Karena masi belum buka (bukanya jam 8 ) sklian aja ngurus Asuransi yang loketnya ada di sebelah BRI..kena 30rb..Dapet kwitansi n kita pegang buat ambil kartu asuransinya klo da selesai bikin SIMnya
Setelah BRI buka bayar 60rb dan langsung ke loket pengambilan formulir yang ada di belakang BRI..isi formulir trus masuk kedalam

Buat mutasi langsung ke loket 18 kasi berkas2 semuanya…bayar 20rb (tapi sekarang ko ga ada kwitansi🙄 ) nanti di kasi kwitansi ma kertas buat ke loket foto  yang ada di loket 24 sampe 28 klo ga salah . Di dalam ngantri suruh poto (ibu2 nya galak bener, harusnya kan klo namanya pelayanan ya mbok yang ramah gitu)…scan jempol kiri trus kanan, tanda tangan trus poto…(deg2an perasaan gw ga enak nunggu potonya kayak gimana) setelah itu ke ruang 30

Ternyata harus nunggu buat nyetak kartunya, tapi untung ga lama…baru 5 menit langsung di panggil..bayar 5rb buat semacam dompet plastiknya
Setelah liat SIMnya…shitt….WTF !%$%#%#^*&(*&….
Bener kan potonya ancur….gw keliatan gendut banget pipinya…arggghh….seharusnya gw liat dulu hasil potonya sebelumnya…tapi mana mungkin…bisa di sembur gw ma yang moto galak bener😕

Dengan perasaan bangga dan bahagia (cuih… :p ) akhirnya selesai juga😎
Sebelum keluar ambil kartu asuransi dulu di sebelah tempat ambil formulir. Pas keluar iseng2 nongkrong dulu ngeliatin orang pada mo bikin SIM…tanya2 sok bego…ternyata ada yang pake calo..katanya sampe 500an ribu..wew mahal juga yak…tapi ko masi pake tes segala…payah…ga paten kayak gw bikin SIM di Jogja..tinggal duduk manis trus langsung poto😀

Akhirnya dengan biaya:
Nyabut berkas di Jogja : 20rb
Cek kesehatan : 20 rb
Formulir Perpanjangan : 60rb
Asuransi : 30rb
“Administrasi” Mutasi : 20rb
Plastik SIM : 5rb
Parkir : 1500 + 1000 (kampret…di tulisnya dua jam pertama tapi belum ada dua jam da minta 1000 lagi)

Jadi totalnya 157rb 5 ratus rupiah….cihuii de daripada bikin baru harus repot…pilihannya ya calo klo mo di jamin lulus ato ngurus sendiri dengan rada ribet dan belum tentu lulus🙄

7 Komentar (+add yours?)

  1. Hanna
    Mar 09, 2010 @ 10:16:48

    Ralat Om :

    “Untuk nyabut berkas ini harus ke SAMSAT POLDA JOGJA yang ada di Jalan Tentara Pelajar…” —> Harusnya “Polres Sleman di Jl. Magelang”

    “(kena 20rb kata si ade…katanya buat “administrasi”)” —> 120 rb Om. Yang 100 rb buat ongkos sama jajan😛

    CMIIW
    hehehe..

    Balas

  2. ical
    Mei 04, 2010 @ 19:15:06

    bagus infonya brow… secara gw mo nyobain mutasi

    Balas

  3. brother
    Jul 28, 2010 @ 21:12:03

    wah berkat tulisan mas saya jadi terinspirasi mutasi sim c. tapi pas cabut berkas si petugasnya bilang terserah mau bayar atau enggak. ya udah saya bilang “makasih banyak pak!”.trus pulang hehehehehe

    Balas

  4. rio
    Des 12, 2013 @ 02:02:29

    broo, itu waktu bikin sim di biro jasa mana ? mohon batuannya.

    Balas

  5. tempe
    Jan 27, 2014 @ 07:33:05

    indonesia, gitu lohhh…semua serba beres klo ada uang…hahahhah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: